Senin, 02 Oktober 2017

Air

AIR

Pengertian air merupakan elemen yang sangat signifikan bagi kehidupan mahluk hidup baik hewan, tumbuhan, dan manusia. Semua memerlukan air untuk membantu metabolism yang ada didalam tubuh karena hapir tiga perempat dari tubuh kita adalah air. Jadi kita bisa membayangkan betapa susahnya jika tidak ada air didunia ini. Air juga penting bagi lingkungan dan kelestarian alam beserta isinya. Apabila keberadaan air tidak seimbang dengan keberadaan alam maka tidak akan tercipta keselarasan yang indah. Misalnya air tidak bisa memenuhi kebutuhan hutan, maka manfaat hutan tidak akan bisa dirasakan oleh mahluk hidup yang lainnya. 


Fungsi air juga merupakan zat yang sangat dibutuhan selain udara dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan membersihkan kotoran yang ada di sekitar rumah. Air juga digunakan untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi, dan lain-lain. Akan tetapi, air bisa menjadi petaka jika kita tidak bisa merawat sumbernya. Air bisa menjadi perantara penyakit-penyakit yang menyerang manusia. Oleh karena itu, untuk merasakan manfaat air bagi kehidupan khususnya bagi kesehatan tubuh. Akan lebih bijak jika kita merawat keberadaan sumber air yang ada.


air
Manfaat Air
Keberadaan manfaat air bagi kesehatan tubuh sangat penting dimana air adalah sumber kehidupan. Kemampuan airbisa memperbaiki daya tahan tubuh karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat kita sedang beraktifitas atau pun bekerja. Air juga membantu kita untuk menahan rasa lapar dimana kita ketahui bahwa rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus. Sewaktu kita mengalami dehidrasi kita akan berpikir kalau kita sedang lapar dan mungkin merasa ingin makan padahal yang kita butuhkan sebenarnya adalah air. 

Kita juga dapat memanfaatkan efek dari rasa kenyang setelah minum air yang berkhasiat untuk membantu kita dalam mengatur pola makan dan mencegah makan berlebihan. Keberadaan air mampu mengurangi resiko terserang beberapa penyakit. Khususnya penyakit yang sering berhubungan dengan batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar. Dengan meminum air secara teratur akan menghindarkan kita dari gangguan pencernaan yang berakibat sembelit. Tidak hanya itu, air bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masuk angina dan pilek. Hal itu karena antibodi dalam lendir yang melapisi kerongkongan berfungsi untuk menjerat virus pilek. Daya tahan ini akan melemah apabila Anda dehidrasi. 

Sebagai catatan banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk. Selain itu, air juga bisa digunakan untuk melembabkan wajah seperti manfaat vitamin E untuk kulit serta bisa mengurangi kerutan pada wajah karena kelembaban wajah selalu terjaga. Dengan minum air, kita bisa mengurangi rasa sakit kepala dan migran yang disebabkan oleh dehidrasi. Oleh sebab itu, konsumsilah air yang cukup agar kita bisa merasakan manfaat air yang sesungguhnya.

Selain manfaat air untuk kesehatan sangat jelas, ternyata air juga memiliki fungsi utama bagi kehidupan, fungsi airtersebut adalah;
  • Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusa
  • Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan
  • Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita
  • Katalisator dalam metabolisme tubuh serta mampu meredam benturan bagi organ vital
  • Pelumas bagi sendi-sendi dan menstabilkan suhu tubuh

Manfaat Air Putih

Manfaat air putih untuk tubuh manusia memang tidak perlu diragukan lagi, berikut adalah beberapa manfaat air putih yang secara tidak terduga memiliki peran vital terhadap keberlangsungan hidup manusia.
1. Penghilang Dehidrasi dan Haus
Ini mungkin manfaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika kita tidak minum air putih? tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. Minum banyak air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh
Sekitar 60 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.
3. Mengkontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan
Upss Apa hubungan kalori, berat badan, dan minum air putih yang banyak ? Penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi air putih dengan penurunan berat badan. Apa penyebabnya? coba laih minum air sebelum makan, air akan membantu orang merasa kenyang, dan sebagai hasilnya mengkonsumsi kalori lebih sedikit yang berdampak pada penurunan berat badan.
4. Meningkatkan Energi
Apa yang terjadi jika anda tidak mengkonsumsi air yang cukup, terlebih saat olahraga ? efek pertama yang dirasakan tentu adalah lelah. Otot yang kekurangan air tidak akan dapat bekerja optimal yang menyebabkan terjadinya kelelahan.
5. Membuat kulit halus dan cerah
Minum air putih yang cukup dapat membantu melembabkan kulit, membuatnya terus segar, lembut, bercahaya dan halus. Racun dalam tubuh dapat memiliki efek yang dapat menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori pori tersumbat dan akhirnya akan menyebabkan jerawat. Konsumsi air ini dapat meningkatkan proses pengeluaran racun melalui keringat secara lancar yang akhirnya dapat membuat kulit halus dan cerah
6. Menjaga Fungsi Ginjal
Pernah mendengar penyakit batu ginjal, gagal ginjal? penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci/senjata utamanya
7. Meningkatkan Produktivitas
Minum segelas air putih dapat membantu meningkatkan fokus dan mengembalikan tenaga (menrefresh tubuh) agar kembali dapat bekerja secara normal dan tinggi.
8. Mencegah Penuaan Dini
Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat minum air putih adalah untuk mencegah penuaan dini. Minum air putih yang banyak dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang dapat mengencangkan kulit mengecilkan pori pori dan akan berdampak pada penuaan dini. Tidak heran bahwa rahasia awet muda para selebritis Indonesia ataupun dunia adalah minum air putih secara teratur dan cukup.(Baca 
9. Mengembalikan Mood / Mood Boaster
Sedang stress atau tidak mood terhadap pekerjaan, masalah rumah tangga, atau dengan teman? cobalah minum segelas air putih yang dapat membantu anda mengembalikan mood dan kembali segar.
10. Mengingkatkan Fungsi Otak
Minum air putih minimal 2 litter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.
11. Mencegah dan ‘Obat’ Demam
Anda pernah demam? nah dari pengalaman saya sendiri jika saya demam sangat jarang pergi ke dokter, yang saya lakukan adalah meminum air putih yang banyak secara rutin. Perjam usahakan minum air putih beberapa gelas, hal ini akan membuat kita sering buang air kecil dan dalam 1 dua hari demam pun turun (pengalaman saya).
12. Melawan beberapa penyakit
Sariawan, panas dalam, sakit tenggorokan adalah beberapa penyakit yang dapat kita bantu
13. Meningkatkan sistem peredaran darah
Air dapat membantu meningkatkan dan mempelancar sistem peredaran darah manusia. Konsumsi air akan membantu dalam proses transportasi dalam tubuh manusia.
14. Mengobati sakit kepala dan Migrain
Jika anda mengalami sakit kepala atau migrain, hal pertama yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan bantuan adalah minum banyak air. Sakit kepala dan migrain sering disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.
Dalam studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan air membantu mengurangi jumlah dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.
Manfaat minum air putih niscaya kita akan mendapatkan manfaat yang sangat besar untuk tubuh kita di luar hal yang disebutkan di atas. Selain air putih ada beberapa  manfaat lain dari air yang mungkin penting dan belum kita sadari. Manfaat kesehatan tubuh yang penting untuk kita menuntut kita harus mengkonsumsi air secara cukup setiap hari.

Manfaat Air Putih Untuk Mengecah Penyakit Berbahaya

Manfaat air putih lainnya adalah untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang menyerang tubuh. Penyakit ini antara lain adalah stroke dan kanker, ada banyak penyakit lain yang dapat dicegah dengan minum air putih minimal 2 liter per hari. Selain itu manfaat terpenting air putih adalah menurunkan kadar racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni. Semakin banyak kita minum air putih maka akan semakin banyak racun yang akan dibuang dari dalam tubuh kita.

Tips Agar Dapat Minum Air Putih Yang Banyak

Apa yang harus anda lakukan agar dapat mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari ?

  1. Berolahraga, pasti akan membutuhkan minum yang lebih banyak
  2. Bawa botol minum dimana pun anda berada.
  3. Konsumsi buah-buahan kaya air seperti semangka, jeruk, dan sebagainya.


Sumber : 
1. http://www.1000macammanfaat.com/2014/04/manfaat-air.html
2. https://manfaat.co.id/manfaat-air-putih
3. https://www.youtube.com/watch?v=ZWrzVSefBzE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemantulan Cahaya

Pemantulan cahaya  terjadi apabila pancaran cahaya mengenai bidang pantul kemudian bidang pantul tersebut meneruskan pancaran cahaya terseb...