Rabu, 26 Juli 2017

Hukum Newton II

Pengertian Hukum Newton II
  
Jika suatu gaya luar total bekerja pada sebuah benda, maka benda akan mengalami percepatan. Arah percepatan tersebut sama dengan arah gaya total. Vektor gaya total sama dengan massa benda dikalikan dengan percepatan benda.
Bunyi hukum New Ton II
"Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada suatu benda, besarnya berbanding lurus dan searah dengan gaya itu, dan berbanding terbalik dengan massa benda"



Bunyi Hukum Newton 2 lengkap dengan Rumus dan Contohnya dalam Kehidupan 



Dari bunyi hukum 2 Newton ini, kita bisa ambil 2 kesimpulan, yaitu:

  • Besar percepatan berbanding lurus dengan gaya yang diberikan
  • Besar percepatan berbanding terbalik dengan massa benda

Masih bingung? Simak contohnya berikut;



.:: Kasus 1


Misalkan saya memiliki 2 buah kelereng dengan masa yang sama. Yang satu saya berikan sedikit gaya dorong dan yang satunya saya naikan. Nah menurut kalian manakah yang akan menghasilkan percepatan paling besar? Sudah barang tentu yang mendapatkan gaya dorong terbesar. Semakin besar gaya yang diberikan maka percepatannya pun akan semakin membesar. 



Hal ini sesuai bukan dengan hukum newton 2 yang mengatakan bahwa percepatan berbanding lurus dengan gaya yang diberikan?



.:: Kasus 2




Disini saya ambil contoh kelereng lagi. Misalkan ada dua buah kelereng, yang satu berat dan yang satunya lagi ringan. Nah kedua kelereng ini saya dorong dengan gaya yang sama. Menurut kalian manakan yang nantinya akan menghasilkan percepatan paling besar? Tentu yang beratnya paling ringan. Semakin berat suatu benda maka akan semakin kecil percepaannya.



Saya tanya lagi, ini sesuai tidak dengan hukum Newton 2 yang mengatakan bahwa besar percepatan suatu benda berbanding terbalik dengan massanya?

Contoh Hukum Newton II :

1. Orang mendorong gerobak bakso dengan kekuatan tertentu dan gerobak tersebut akan berjalan dengan percepatan tertentu.

2. Mobil yang sedang bergerak dengan massa mobil 1 ton kemudian bergerak dengan percepatan 1 m/s2





Rumus Hukum 2 Newton

∑F = m.a
dimana ,
∑F  = Resultan Gaya (N)
m = Massa (Kg)
a   = Percepatan (m/s2)
Sumber :
  1. http://dokterfisika.blogspot.co.id/2016/07/bunyi-hukum-newton-2-lengkap-dengan-rumus-dan-contohnya-dalam-kehidupan.html
  2. https://brainly.co.id/tugas/473844
  3. http://www.pakmono.com/2015/08/contoh-hukum-i-2-3-newton-dalam.html
  4. https://www.youtube.com/watch?v=axm-OLSWXXY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemantulan Cahaya

Pemantulan cahaya  terjadi apabila pancaran cahaya mengenai bidang pantul kemudian bidang pantul tersebut meneruskan pancaran cahaya terseb...